6 Cara Mengurangi Stres yang Cespleng



Stres rentan dialami oleh setiap orang. Banyak hal dapat memicu timbulnya stres, antara lain tekanan pekerjaan yang menumpuk, putus cinta, macet, dan berbagai permasalahan hidup lainnya. Apabila tidak segera diatasi, maka stress berdampak pada kualitas hidup seseorang. Pekerjaan terganggu dan tidak produktif, menimbulkan penyakit baru, dan mengganggu hubungan dengan orang-orang di sekitar kita.

Stres dapat dikurangi dengan beberapa cara. Langkah-langkah berikut dapat dilakukan untuk membantu mengurangi stress. Yuk, disimak tips berikut untuk menghilangkan stress.    

1.  Redakan Sumber Stres

Stres timbul akibat sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan ataupun target yang kita rencanakan. Misalkan saja omzet penjualan online kita tidak sesuai dengan hitungan yang direncanakan, tenggat penulisan skripsi yang lewat deadline, tekanan pekerjaan yang menumpuk, atau pun gagal memperoleh prestasi.

Agar hasil sesuai dengan harapan dan target kita, maka kita harus membuat perencanaan yang baik. Perencanaan menyeluruh harus dilakukan, menghitung kelebihan dan kekurangan kita, berapa biaya yang kita keluarkan, usaha dan peluang apa saja yang dapat kita maksimalkan. Dengan demikian kita siap ketika menghadapi segala sesuatu di depan kita. Persiapan yang matang tentu dapat meredakan stress karena segala sesuatu telah dipersiapkan dengan baik.

Kalaupun nanti belum berhasil, maka kita tidak kecewa karena tahu bahwa kita telah melakukan usaha semaksimal mungkin untuk meraih tujuan. Kita dengan lapang dada menerima kegagalan, dan berusaha lagi di lain kesempatan dengan usaha semaksimal mungkin.  

 

2.  Berolahraga

Berolahraga membantu melancarkan peredaran darah dan juga menyehatkan anggota tubuh. Pikiran dan tubuh akan teralihkan ketika berolahraga. Gerakan demi gerakan yang dilakukan dalam olahraga akan membuat tubuh bugar. Hormon endorphin yang berguna mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif dikeluarkan ketika kita berolahraga. Tubuh yang bugar karena olahraga juga akan meningkatkan kualitas tidur kita, dimana tidur juga dapat bermanfaat untuk meredakan stress.   

 

3.  Makan Makanan Sehat Bergizi

Stres dapat terjadi karena asupan gizi yang kita makan kurang. Kurangnya asupan gizi mengakibatkan tubuh lemah tak bertenaga dan kurang konsentrasi sehingga tubuh rentan stress. Ada beberapa jenis makanan yang dapat meredakan stress dan membuat diri kita tenang, antara lain: alpukat, sayuran berdaun hijau, ikan, kacang dan biji-bijian, teh herbal, buah-buahan, dan coklat. Makanan dengan gizi yang cukup akan membantu tubuh relaks dan regenerasi sel.

  

4.  Lakukan Manajemen Stres

Manajemen stress perlu diterapkan, sehingga dapat dikelola dengan baik. Maka diperlukan skedul yang diatur dengan cermat. Skala prioritas dalam pekerjaan juga perlu dilakukan. Dengan demikian semua pekerjaan dapat ditangani dengan baik dan stress yang timbul dapat diminimalisir.

 

5.  Lakukan Hal yang Menyenangkan

Setiap manusia tentu memiliki mimpi, keinginan dan hal yang disukai. Luangkan waktu untuk menghargai diri sendiri. Pencapaian yang kita raih merupakan prestasi yang membanggakan. Hargai diri sendiri dengan hal yang menyenangkan. Buat Me Time sesuai dengan kesenangan yang diinginkan, dengan demikian diri kita sendiri akan bahagia dan bersyukur atas pencapaian yang ada. Membaca buku, nonton drakor, memasak, berkebun atau bahkan dengan tidur. Semua hal itu sah saja untuk dilakukan.

 

6.  Pelajari Teknik Relaksasi dan Pernapasan

Ada beberapa teknik pernapasan dan relaksasi yang membantu untuk meredakan stress. Antara lain:

1.      Pernapasan

Ambil posisi yang nyaman. Tarik napas melalui hidung, dan hembuskan melalui mulut. Pada saat mengambil napas, hirup napas dalam-dalam sehingga perut menggembung. Dan seiring menghembuskan napas pelan-pelan, perut dikempiskan. Lakukan berulang-ulang. Bayangkan bahwa kita sedang relaks di tempat yang nyaman. Dengan melakukan pernapasan ini berulang-ulang, akan membuat tubuh menjadi relaks.  

2.      Meditasi

Ambil posisi duduk yang nyaman. Pejamkan mata dan kosongkan pikiran kita dari permasalahan. Atur pernapasan dengan teratur. Lepaskan beban yang ada, sehingga pikiran hanya focus pada meditasi. Semakin sering meditasi dilakukan, maka pikiran menjadi tenang sehingga stress dapat dihindari.

 

7.   Berlibur

Berlibur juga menjadi salah satu alternative untuk menghilangkan stress. Berlibur ke gunung, pantai atau hanya di rumah saja sangat membawa pengaruh positif. Liburan mengalihkan perhatian dan memberi kesempatan tubuh untuk rehat dari kesibukan sehari-hari. Acara berlibur juga memberi kesempatan untuk lebih dekat dengan keluarga. Kesibukan pekerjaan seringkali membuat masing-masing anggota keluarga jarang mendapatkan quality time dalam keluarga. Acara berlibur merupakan kesempatan bagi anggota keluarga berkumpul dan meningkatkan quality time bersama.

 

Stres amat rentan untuk diderita banyak orang. Namun, bukan berarti tidak dapat diredakan atau bahkan dihilangkan. Ada berbagai macam cara meredakan stress. Ada 6 cara mengurangi stres yang cespleng diatas yang patut dicoba. Semoga bermanfaat.

 

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan komentar, yaa.
Mohon maaf untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa